Rabu, 18 Juni 2014

Saatnya Mengotak-atik Internet :D

Seperti telah dijelaskan dalam pertemuan di PATI 2014 bahwa internet adalah kumpulan komunitas komputer antar satu wilayah dan wilayah lainnya di seluruh dunia, saling terhubung dan saling berkomunikasi yang diatur oleh protokol. Internet adalah salah satu media komunikasi berupa data, dilakukan umumnya secara tertulis atau melalui audio-video, tanpa perlu dilakukan secara bersamaan antara pengirim dan penerima. Internet merupakan kumpulan jaringan komunitas komputer yang ada di seluruuh dunia.

Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain.

TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, biasanya Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada di kota Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet ataupun Anda dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet Instan.
Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling
berkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain.

Kesimpulannya, selama Pelatihan aplikasi internet saya mendapatkan banyak ilmu dan manfaat dari pelatihan aplikasi internet, misalnya :
  1. Mengetahui berbagai macam  layanan yang disediakan oleh google yaitu google gravity, google drive,  dll.
  2. Mengetahui layanan dan fasilitas yang ada di UMM, misalnya, student blog UMM, webmail UMM, hotspot UMM, digital library UMM, dll.
  3. Mengetahui cara pembuatan blog dan cara memposting pada blog dengan benar.
  4. Mengetahui cara mudah dan cepat membuat daftar isi Pada Ms. word, cara memberi nomor pada halaman, dan cara mengedit teks dengan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar